RUMPUT LAUT PENOPANG EKONOMI MASYARAKAT SEBATIK

  • Whatsapp
Gambar : Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Muh. Khoiruddin, S.Hi

SEBATIK – Rumput laut saat ini adalah salah satu alternatif bahan pangan dari perairan yang kaya gizi dan patut untuk dikembangkan. Dengan adanya rumput laut dapat menyelesaikan beberapa persoalan ekonomi masyarakat Pulau Sebatik (Provinsi Kalimantan Utara), salah satunya membuka lapangan pekerjaan seperti mabbettang (mengikat rumput laut) dan banyak warga berdatangan ke Pulau Sebatik untuk bekerja sebagai petani rumput laut.

Menurut Anggota DPRD Provinsi Kalimantann Utara, Muh. Khoiruddin, S.Hi, rumput laut adalah salah satu penopang ekonomi masyarakat di Pulau Sebatik.

“Alhamdulillah kita bersyukur rumput laut dapat menopang ekonomi masyarakat Pulau Sebatik. Bayangkan kalau tidak ada lahan pekerjaan tersebut, maka tentu masalah ekonomi buruk”, Ujar Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat reses di Desa Binalawan, Kecamatan Sebatik Barat. Rabu, 05 Mei 2021.

Ia juga mengungkapkan bahwa, ada beberapa kendala yang sedang dihadapi petani rumput laut Pulau Sebatik, salah satunya belum pernah dilakukan peremajaan rumput laut sejak adanya rumput laut di Pulau Sebatik.

“Rumput laut kita sudah 15 tahun tidak pernah dilakukan peremajaan, sehingga kualitas rumput laut kita makin lama makin menurun. Otomatis berpengaruh terhadap nilai jual kita, akhirnya kalau nilai jual sudah rendah maka mudah dimainkan harganya”, Ujarnya.

Pada umumnya ada tiga jenis rumput laut, yaitu eucheuma cottonii, eucheuma spinosum, dan caulerpa SP. Rumput laut jenis eucheuma cottonii termasuk ke dalam divisi rhodophyta atau yang lebih dikenal sebagai alga merah, rumput laut jenis eucheuma spinosum adalah salah satu jenis rumput laut dari kelas rhodophyceae atau ganggang merah, dan rumput laut jenis caulerpa SP dikenal juga sebagai anggur laut adalah golongan alga hijau. Jenis rumput laut yang dibudidayakan oleh masyarakat Pulau Sebatik adalah eucheuma cottonii.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *