SAMBUT MABA, HKMS GELAR PENGENALAN ORGANISASI

  • Whatsapp
Gambar : Maba asal Sebatik di Kota Pelajar Yogyakarta

YOGYAKARTA – Perguruan tinggi di Yogyakarta telah selesai mengadakan penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) untuk tahun ajaran 2017/2018. Ada ribuan pelajar yang melanjutkan studi di Kota Gudeg itu. Pelajar tersebut datang dari segala penjuru daerah di Indonesia mulai dari Sabang hingga Marauke, termasuk pelajar dari Pulau Sebatik, Provisi Kalimantan Utara. Para pelajar dari Pulau Sebatik bersama dengan daerah lain di Indonesia tentu merasa gembira setelah dinyatakan resmi sebagai mahasiswa di perguruan tinggi kota pelajar itu.

Himpunan Keluarga Mahasiswa Sebatik (HKMS) adalah wadah berkumpulnya para mahasiswa dari Pulau Sebatik di Yogyakarta. Organisasi ini berdiri pada hari Jumat tanggal 13 Januari 2017 di Perpustakaan Grahatama Pustaka, perpustakaan milik Provisi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, HKMS juga merupakan duta daerah di Yogyakarta yang mempunyai andil sangat besar memperkenalkan Pulau Sebatik kepada daerah lain dengan segala pontensi yang dimilikinya.

Untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), HKMS menyambut Maba tahun 2017 asal Sebatik, dengan mengadakan kegiatan yang bernama “Pengenalan HKMS”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Asrama Putra Kalimantan Utara. Minggu, 10 September 2017.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan HKMS kepada para Maba. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Umum HKMS Yogyakarta, Lismawati. “Tujuan kegiatan ini memang memperkenalkan HKMS lebih detail kepada Maba. Mulai dari sejarah terbentuknya, pengurusnya, program kerja, dan SDM yang ada di HKMS”, Ujarnya. Minggu, 10 September 2017

Selain itu, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi, ‘’Kegitan ini juga menjadi ajang silaturahmi untuk Maba dengan anggota HKMS, kita juga bisa sharing pengalaman tentang kehidupan dunia kampus”, Ujar saat memberikan sambutannya.

Lisma, nama sapaan akrab dari Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ini menambahkan, adanya kegiatan HKMS ini bisa saling mengenal keluarga di perantauan antara mahasiswa yang lebih dulu menempuh pendidikan dengan Maba. Kegiatan ini sebagai bukti nyata dan untuk mengubah mindset, bahwa jika sudah di perantau tidak ada yang penduli dan tak punya keluarga.

”Mari kita saling mengenal, kita adalah saudara, saudara Sebatik. Mari kita berproses bersama, mari kita majukan organisasi daerah kita dan tentunya untuk memajukan Pulau Sebatik”, Ujarnya dengan penuh semangat.

Dalam kegiatan ini masing-masing bidang yang ada di HKMS mempersentasikan tugas berdasarkan SOP (Standar Operasional Prosedur) di HKMS dan program kerja baik yang telah dilaksanakan, sedang dilaksanakan, serta akan dilaksanakan.

Pada bidang Kerohanian di presentasikan oleh Mohammad Iqram, Bidang Keperempuanan oleh Rosmawati, Bidang Kewirausahaan oleh Andi Massalewo, Bidang Kajian dan Strategis (Kastrat) Ahmad Sah, Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) oleh Sabri, Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) oleh Sul Afiqah. Sedangkan untuk tugas Ketua, Wakil Ketua beserta sejarah HKMS dipresentasikan oleh Lismawati, untuk Sekretaris oleh Merian, dan Bendahara oleh Suraida.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, sedangkan diskusi berlangsung dengan hangat dengan banyaknya pertanyaan dari Maba. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama dengan keluarga HKMS Yogyakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *